Tuesday, September 12, 2017

Resep Makanan Ikan Bakar khas kota Papua


Advertisement
Resep Makanan Ikan Bakar khas kota Papua – Untuk resep masakan kali ini kami akan menginfokan resep makanan khas kota papua yang terletak di pulau ujung timur negara kita. Mungkin dapat menjadi kreasi ibu-ibu rumah tangga agar mencoba masakan lain dari pada yang lain. Atau mungkin untuk anda para perantau dari kota papua yang sedang berada di luar pulau dan sedang kangen dengan makanan khas papua. Coba anda simak dibawah ini resep makanan ikan bakar khas kota papua.

Resep Ikan Bakar Papua ini sebenarnya tidak terkenal d daerah asalnya. Bahkan banyak diantara warga luar pulau pun sangat menyukai masakan ikan bakar dengan bumbu khas dari daerah papua ini. Rasanya memang memiliki ciri khas tersendiri, beda dengan resep ikan bakar kecap, ikan bakar padang atau lainnya. Perpaduan bumbu spesial yang digunakan memang bisa memberikan ciri khas tersendiri di resep ikan bakar yang akan kita masak kali ini.
Seperti juga resep ikan bakar yang berasal dari daerah lain, resep kali ini paling enak kalau dikombinasikan dengan ikan laut yang masih segar. Kalau kondisi ikannya kurang segar akan mempengaruhi hasil akhir dari resep masakan ikan dari papua ini. Untuk bahan dan bumbu yang digunakan sebenarnya hampir sama kok dengan resep lainnya. tetapi komposisi jumlah yang diperlukan memang sedikit berbeda sehingga menghasilkan citarasa khas yang banyak dicari oleh penggemarnya.

Buat teman teman yang kebetulan saat ini sedang bekerja dan tinggal di Papua mungkin dengan mudah bisa mendapatkan masakan ikan bakar spesial ini. Tetapi buat yang lagi berada jauh di luar kota atau pulau mungkin akan sedikit kesulitan. Untuk mengobati kerinduan tersebut, dibawah kita lampirkan bahan bahan bumbu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat ikan bakar khas papua yang enak dan lezat. Terlampir juga tips cara memasak dan membuat ikan bakar spesial ini.

Bahan – bahan dan bumbu – bumbu yang diperlukan untuk membuat resep ikan bakar papua
  • 1 ekor ikan tongkol/cakalang yang kondisinya masih segar kurang lebih sebanyak 400 gram saja.
  • 2 sendok kecil garam dapur yang mempunyai kandungan yodium.
  • 1 sendok kecil air asam jawa.
Bahan bumbu yang ditumbuk kasar
  • 5 buah cabai merah keriting segar yang berukuran sedang. Bisa ditambahkan atau dikurangi sedikit sesuai selera.
  • 5 buah cabai rawit merah ukuran sedang. Bisa ditambahkan juga kalau suka pedas atau sebaliknya dikurang kalau tidak terlalu suka pedas.
  • 1 sendok kecil garam dapur beryodium.
  • ½  sendok kecil gula pasir.
Cara Membuat Resep Masakan Ikan Bakar Spesial Dari Papua
  1. Langkah pertama cuci ikan sampai bersih dan buang kotoran yang mungkin menempel.
  2. Kemudian lumuri badan ikan dengan dengan garam beryodium dan air asam jawa sampai benar benar rata dan semua bagian sudah terlumuri kemudian diamkan sebentar.
  3. Siapkan tempat buat membakar ikannya. Disarankan memakai arang kelapa supaya baunya nanti lebih harum.
  4. Lumuri ikan dengan bumbu yang sudah ditumbuk kasar diatas sampai benar benar rata.
  5. Bakar ikan dan bolak-balik sambil sesekali oleskan bumbu yang ditumbuk diatas.
  6. Bakar terus sampai ikan matang dan kering kulit luarnya.
  7. Sajikan ikan bakar papua dengan sisa bumbu,sajikan.
Note : Resep masakan ikan ini bisa disajikan untuk 4 orang

Mungkin cukup sekian saja dulu info resep masakan ikan bakar khas kota papua dari kami. Semoga resep ikan bakar kali ini bisa menjadi kreasi tambahan ibu – ibu rumah tangga atau untuk kalian yang membaca artikel resep makanan dari kami. Jangan lupa tunggu update terbaru resep makanan enak dan lezat yang lainnya dan selamat mencoba.

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Makanan Ikan Bakar khas kota Papua